PERSPEKTIF UJIAN NASIONAL




Ujian Nasional (UN) tiap tahun menjadi perdebatan yang panjang. Perdebatan ini didasari dengan tingkat kelulusan setiap sekolah. Persaingan dan perebutan nilai tertinggi menjadi sesuatu yang berlebihan. Mengapa demikian ? sebab tidak jarang dan bisa jadi rahasia umum bahwa keberhasilan dan nilai mata pelajaran yang di UN kan menjadi penentu siswa lulus atau tidak pada satuan tingkat pendidikan. Siswa dan sekolah berlomba dengan berbagai macam cara dan strategi untuk menjadi sekolah dengan nilai UN yang tertinggi. Persaingan tidak hanya ditingkat sekolah  sekolah tapi juga di tingkat Kab/kota di Indonesia.
                Namun sangat disayangkan, persaingan antar lembaga sekolah dan diknas menjadi sesuatu yang penting dikarenakan kalau ada sekolah yang siswanya tidak lulus karena nilai UN nya kecil atau tidak memenuhi standar kelulusan melakukan trik yang tentu saja ini baik. Persaingan yang sehat dan jujur juga sesuatu yang penting sehingga kualitas peerta didik yang lulus nanti bisa bersaing dijenjang yang lebih tinggi.
                Mulai tahun pelajaran 2014-2015, Standar kelulusan diserahkan ke sekolah. Nilai UN hanya dijadikan sebagai instrument atau pemetaan sampai sejauh mana peserta didik menguasai 4 biakandang studi (Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan IPA). Nilai Sekolah yang dijadikan sebagai penentu kelulusan tentunya menjadi kabar yang melegakan dan mengembirakan. Disisi lain para orangtua tidak sadar dan bisa jadi lupa bahwa Nilai Ujian Nasional (UN) dijadikan sebagai syarat masuk ke jenjang lebih tinggi. SMP meneruskan ke SMA begitu juga dengan SMK. Tungkat SMA/SMK diseleksi juga Nilai Ujian Nasional.
                Orangtua dan pendidik tidak sadar dan mengakibatkan semangat dan motivasi menjadi lemah sehingga proses persiapan menghadapi UN tidak sesuai dengan yang diharapkan. Oleh arena itu setiap siswa dan guru untuk bersama-sama membawa siswanya menghadapi UN dengan semangat yang tinggi.  Semoga cara atau metode untuk mempersiapkan peserta didik/siswa menghadapi UN lebih baik dari tahun kemarin.
                Selamat menempuh Ujian Nasional (UN) untuk siswa SMA/MA dan SMK tanggal 13 – 16 April 2015 dan untuk tingkat SMP/MTs tanggal 4-7 Mei 2015.
                Hasil yang maksimal dan sesuai dengan kriteria kelulusan merupakan sesuatu yang tidak mustahil, apabila semua komponen dan stake holder bersama-sama menyukseskan Ujian Nasional dapat berjalan dengan lancar.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.