Menarik untuk direnungkan


Salam buat rekan-rekan guru di seluruh Nusantara.
Minggu ini dan minggu berikutnya kita menyaksikan di media televisi, radio koran dan media social membicarakan hasil Ujian Nasional. Banyak yang menyatakan bahwa Ujian Nasional tahun ini tidak lebih baik dari tahun kemarin dan ada juga pernyataan yang mengatakan bahwa UN jangan dijadikan syarat kelulusan dikarenakan banyak kekurangan pada pelaksanaan yang sempat mundur di 11 Provinsi.
Terlepas dari carut marutnya pelaksanaan UN 2013, tentu kita tidak mau anak didik menjadi korban dari ketidaksiapan pemerintah dalam menyelenggarakan kegiatan tersebut.
Fokus dan tenaga tentunya kita pergunakan untuk membimbing dan mengarahkan anak didik kita ke jenjang yang lebih tinggi karena masa depan bangsa ada di tangan mereka.
Selanjutnya adalah bagaimana memberikan motivasi kepada siswa yang tahun ini tidak lulus dengan memberikan pemahaman dan penjelasan bahwa masih panjang jalan yang bisa ditempuh. Misalkan dengan mengikuti ujian persamaan atau ujian paket C untuk tingkat SMA yang akan memberikan api semangat untuk bisa melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi.
Saatnya kita sebagai pendidik mampu memberikan semangat dan motivasi yang besar sehingga mampu membangkitkan kemauan dan keinginan untuk terus maju kepada seluruh siswa yang kita ajarkan.
Salam hangat untuk semua guru di nusantara.
Agus Barkah
@agusbarkah

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.